Inilah Jenis Mainan Anak Berdasarkan Tahapan Usianya



Ada beberapa kriteria penting yang perlu Anda perhatikan ketika memilihkan alat bermain untuk anak. Selain apa yang disukai anak, Anda juga harus memperhatikan keamanannya. Setiap alat bermain yang ada di pasaran ternyata memiliki kriteria usia sendiri-sendiri. Mainan tertentu cocok untuk anak dengan usia tertentu. Jika dipilih dengan tepat, maka alat bermain yang Anda berikan bisa bermanfaat dengan baik.

Jenis Mainan Anak Berdasarkan Tahapan Usianya

Tidak perlu berlama-lama, berikut ini pilihan alat bermain yang bisa Anda pilih berdasarkan usia Si Kecil:

1. Di Bawah 1 Tahun

Anak-anak usia di bawah 1 tahun juga membutuhkan alat bermain sebagai stimulus untuk mengaktifkan panca inderanya. Biasanya alat bermain untuk anak di bawah 1 tahun membantu meningkatkan kemampuan menggigit dan meraih. Beberapa alat bermain yang bisa Anda pilih yaitu alat bermain yang dapat mengeluarkan lagu, memantulkan refleksi wajah, dapat digigit, dan lain-lain.

2. Usia 1-3 Tahun

Mainan untuk anak usia 1 sampai dengan 3 tahun lebih beragam dibandingkan anak di bawah 1 tahun. Biasanya alat bermain yang cocok yaitu mampu merangsang motorik halus, motorik kasar, dan daya pikir. Contohnya yaitu alat bermain blok, buku gambar, alat bermain profesi, bola, dan lain-lain.

3. Usia 3-5 Tahun

Di usia ini Si Kecil sudah mengerti bahwa alat bermain bisa digunakan untuk tujuan tertentu. Kebanyakan alat bermainnya mampu meningkatkan imajinasi. Rekomendasi pilihannya seperti lilin atau tanah liat, kostum, bongkar pasang, puzzle, menyusun blok, dan lain-lain. Tingkat kesulitan alat bermain yang dipilih bisa disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak.

4. Usia 5 Tahun ke Atas

Jenis alat bermain terakhir yaitu untuk anak usia 5 tahun ke atas. Pada usia ini biasanya anak-anak sudah masuk PAUD atau TK. Si Kecil umumnya sudah menunjukkan minat pada alat bermain tertentu. Beberapa yang biasanya disukai anak yaitu sepeda roda dua, board game, biola, piano, atau alat musik lainnya. Si Kecil bisa mulai diperkenalkan gadget namun batasi maksimal 1 jam per hari. 

Itulah jenis mainan anak yang bisa dipilih berdasarkan tahapan usia. Jika ingin mendapatkan alat bermain secara gratis, beli saja Kinder Joy semua varian. Produk satu ini berupa cemilan cokelat yang ada kejutan alat bermain di dalamnya. Namun alat bermain tersebut khusus untuk anak usia 3 tahun ke atas. Dapatkan kejutannya sekarang juga!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.