Cara Mencegah Pusar Bayi Berdarah yang Bisa Anda Lakukan



Bagian pusar merupakan salah satu bagian tersensitif dari seorang bayi, apalagi saat belum kering. Anda perlu merawatnya dengan baik agar meminimalisir risiko pusar bayi berdarah. Biasanya pusar berdarah disebabkan oleh masalah seperti gesekan dengan popok, puput pusar, atau infeksi. Berikut ini beberapa cara mencegahnya yang bisa Anda terapkan:

1. Jaga Bagian Pusar Agar Selalu Kering

Saat bayi masih berada dalam kandungan, tali pusar berfungsi mendistribusikan makanan dari tubuh ibu ke tubuh bayi. Setelah lahir tali pusar akan dipotong oleh dokter karena tidak berfungsi lagi. Pusar harus selalu kering agar sisa tali pusar terlepas. Dengan begitu, pendarahan pun dapat dicegah.

2. Berikan Udara

Pakaian dan popok yang selalu dipakai oleh bayi bisa membuat tali pusar sulit kering. Akibatnya sisa tali pusar pun sulit untuk terlepas. Tidak masalah membuka baju dan popok bayi sesekali. Pasalnya paparan udara bisa mempercepat tali pusar kering. 

3. Pakai Popok yang Tepat

Gesekan dengan popok menjadi salah satu penyebab pusar bisa berdarah. Oleh sebab itu, Anda wajib memilih popok yang tepat. Saat ini ada popok dengan fitur u-shape di bagian pusar. Fitur tersebut menambahkan desain berbentuk huruf U agar popok tidak bergesekan dengan pusar. 

4. Rutin Mengganti Popok

Popok yang dipakai terlalu lama memiliki banyak bakteri dari urine dan feses. Jika mengenai pusar, maka bisa terjadi iritasi atau bahkan infeksi. Ini sangat berbahaya untuk kesehatan Si Kecil. Jadi pastikan rutin mengganti popok setiap 2-3 jam sekali.

5. Hati-Hati Saat Membersihkan Bagian Pusar

Risiko pusar berdarah juga bisa terjadi akibat tidak hati-hati saat membersihkannya. Pastikan Anda membersihkannya dengan hati-hati memakai kain yang lembut. Hindari menggunakan produk-produk tertentu, apalagi yang mengandung alkohol.

Nah, itulah cara mencegah pusar bayi berdarah agar Anda tidak merasa khawatir. Rekomendasi popok bayi yang newborn friendly adalah MAKUKU SAP Diapers. Khusus ukuran NB atau newborn, MAKUKU menyematkan fitur yang bernama belly button u-shape. Jadi bagian pusarnya dibentuk huruf U. Tujuannya agar bagian popok tidak bergesekan dengan pusar sehingga aman dari pendarahan. Dapatkan produk satu ini di toko kesayangan Anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.